Detail Penelitian :
Judul Penelitian : PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PETA KONSEP DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI SISWA KELAS XI SMA
Kategori : 0001 - Pendidikan Matematika
Oleh : admin
Abstrac :

Oleh :

Ira Kurniawati
Dosen Prodi Pendidikan Matematika PMIPA FKIP UNS

 

Abstract   

Inti permasalahan pada kompetensi materi pokok trigonometri kelas XI
SMA  adalah  bagaimana  siswa  menyelesaikan  soal-soal  trigonometri  dengan
menerapkan  rumus-rumus  yang  ada.  Namun  di  pihak  lain,  kenyataan
menunjukkan  bahwa  masih  banyak  siswa  mengalami  kesulitan  dalam
menyelesaikan  soal-soal  trigonometri,  mereka  tidak  tahu  rumus  mana  yang  harus
digunakan untuk menyelesaikan soal trigonometri, bahkan sering terjadi siswa tidak
tahu  dari  mana  harus  memulai  menyelesaikan  soal  trigonometri  itu.  Metode
pembelajaran  peta  konsep  merupakan  salah  satu  alternatif  dalam  pembelajaran
matematika sehingga lebih memudahkan siswa dalam memahami dan menyelesaikan
soal-soal  trigonometri.  Pada  pembelajaran  peta  konsep,  siswa  akan  menemukan
hubungan  antar  konsep  dengan  cara  memvisualisasikan  secara  terstruktur  kaitan
antar  konsep  dengan  diagram  maupun  dengan  kata-kata  sehingga  lebih  bermakna
bagi  siswa.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  meningkatkan  kemampuan  siswa
kelas XI SMA dalam menyelesaikan soal trigonometri. Subyek dalam penelitian ini
adalah  siswa  kelas  XI  IPA  1  SMA  Negeri  1  Weru  Sukoharjo  tahun  pelajaran
2008/2009.  Penelitian  dilaksanakan  dengan  pendekatan  tindakan  kelas  (classroom
action research) yang terbagi dalam 3 siklus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa
dengan  menerapkan  metode  pembelajaran  peta  konsep,  kemampuan  siswa  dalam
menyelesaikan  soal-soal  trigonometri  meningkat.  Hal  ini  ditunjukkan  dengan
perolehan nilai siswa di atas 70 dari siklus ke siklus berikutnya selalu mengalami
peningkatan.


PDF Full Peneltian : admin_Ira Kurniawati.pdf
Date Update : 20-02-2018