Detail Penelitian :
Judul Penelitian : PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN PENELITIAN PENGEMBANGAN UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI SUPERVISI PENGAWAS SEKOLAH DI KOTA MEDAN
Kategori : -
Oleh : admin
Abstrac :

Oleh :

Harun Sitompul
dan Abdul Muin Sibuea

Dosen Pendidikan Teknik Bangunan FT UNIMED, Jln. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate,
Dosen Pendidikan Teknik Elektro FT UNIMED, Jln. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate

 

Abstract   

Penelitian  ini  bertujuan,  pertama  menemukan  model  pelatihan  yang
tepat  untuk  meningkatkan  kompetensi  penelitian  dan  pengembangan  pengawas
sekolah. Kedua, menemukan materi kompetensi penelitian dan pengembangan yang
perlu  dimiliki  pengawas  sekolah  antara  lain  penelitian  tindakan  sekolah  (PTS).
Ketiga  menemukan  materi  pelatihan  penelitian  dan  pengembangan  sehingga
pengawas  memiliki  kemampuan  melakukan  PTS,  dan  keempat,  untuk
mengembangkan modul penelitian tindakan sekolah, penelitian deskriptif, penelitian
eksperimental,  dan  artikel  hasil  penelitian  dalam  bidang  pendidikan  atau
kepengawasan.  Metode  penelitian  ini  adalah  penelitian  dan  pengembangan
(research  and  development).  Subjek  penelitian  ini  adalah  pengawas  sekolah  SMP
dan  SMA/SMK  di  Kota  Medan.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  (1)  model
pelatihan yang tepat untuk pelatihan penelitian dan pengembangan bagi pengawas
sekolah adalah model pendampingan, yakni suatu model yang memperlakukan tim
peneliti bertindak sebagai tim pendamping, (2) kompetensi yang dibutuhkan dalam
pelaksanaan  pelatihan  penelitian  dan  pengembangan  adalah  kompetensi
melaksanakan  penelitian  tindakan  kelas,  kompetensi  melaksanakan  penelitian
deskriptif,  kompetensi  melaksanakan  penelitian  eksperimen,  kompetensi  menulis
artikel,  dan  kompetensi  membuat  modul,  (3)  materi  pelatihan  penelitian  dan
pengembangan  yang  sangat  dibutuhkan  pengawas  sekolah  dimulai  dari  urutan
terpenting  antara  lain:  kompetensi  melaksanakan  penelitian  tindakan  sekolah
meliputi  membuat  judul  penelitian,  membuat  latar  belakang  masalah,  menyusun
kajian teori, membuat daftar pustaka, melakukan identifikasi masalah, merumuskan
masalah,  menentukan  subjek  dan  objek  penelitian,  mendeskripsikan  tiap  siklus
penelitian  tindakan  sekolah,  menyusun  instrumen  penelitian,  membuat  laporan
penelitian,  membuat  tujuan  dan  manfaat  penelitian,  menerapkan  tahap  penelitian
mencakup  perencanaan,  melaksanakan  tindakan,  mengobservasi,  dan  merefleksi
tindakan, menyusun hipotesis tindakan, menganalisis data penelitian, menerapkan
metode penelitian, menerapkan prosedur penelitian, mendiskusikan hasil penelitian,
(4) penilaian peserta pelatihan terhadap modul terutama penelitian tindakan kelas
cenderung baik, baik dari aspek materi maupun teknik atau uraian penyajian serta
sistematikanya,  (5)  terdapat  peningkatan  penguasaan  tentang  penelitian  tindakan
sekolah setelah pengawas  sekolah mengikuti pelatihan penelitian tindakan  sekolah,
dan  (6)  secara  umum  pengawas  sekolah  telah  mampu  melakukan  penelitian
tindakan sekolah setelah mengikuti pelatihan.


PDF Full Peneltian : admin_Harun Sitompul1 dan Abdul Muin Sibuea2.pdf
Date Update : 20-04-2018